Inspirasi Dalam Pencetusan Maskot Piala Eropa 2020 Ternyata Bermula Dari Freestyler

Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) telah mengenalkan maskot Piala Eropa 2020 jelang laga kualifikasi antara Belanda melawan Jerman di Johan Cruyff Arena, Senin (25/3/2019) pagi-pagi sekali WIB.

Maskot mempunyai nama Skillzy tersebut terinspirasi dari semua freestyler sepak bola jalanan. Didampingi dua freestyler terkemuka dunia Liv Cooke dan Tobias Becs, Skillzy yang adalah tokoh kartun humanoid memamerkan sejumlah gerakan mengubah bola ke 55.000 pemirsa di stadion jelang duel tersebut.

“Mampu mewakili keindahan freestyling dan sepak bola jalanan untuk penggemar sepak bola di semua Eropa ialah kesempatan yang paling istimewa. Apakah tersebut bermain di taman atau di panggung dunia. Apakah tersebut sepak bola atau freestyling, ini mengenai mengekspresikan diri dengan bola di kaki Anda,” kata Liv dikutip laman sah UEFA.

“Piala Eropa 2020 bakal menjadi di antara acara olahraga terbesar dalam sejarah. Keterlibatan kebiasaan freestyle pesepak bola jalanan meyakinkan ajang ini diperuntukkan untuk seluruh orang,” ujar Tabias. Piala Eropa 2020 akan dilangsungkan tahun 2021 sesudah sempat ditunda sebab pandemik Covid-19.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang menunjuk satu tuan rumah, edisi kali ini akan diselenggarakan di 12 kota dari negara yang berbeda. Kota-kota tersebut mencakup Amsterdam, Baku, Bilbao, Bukares, Budapest, Kopenhagen, Dublin, Glasgow, London, Muenchen, Roma, dan Saint Petersburg. Sementara laga final akan digelar di Stadion kebanggan masyarakat Inggris, Wembley.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *